Pengentau bagaimana tata rambut favorit para 'ladies' saat nge-gym? Bagi yang berambut panjang kebanyakan memilih penataan yang membuat rambut tidak mengganggu daerah wajah. Tapi hati-hati, seorang trichologist yang juga merupakan putri dari ahli rambut Philip Kingsley memperingatkan ancaman kebotakan dapat terjadi jika salah memilih penataan rambut saat nge-gym.

Bagi sebagian besar wanita berambut panjang sepertinya wajar jika memilih mengikat rambutnya a la kuncir kuda atau 'man bun', atau mengepang rambut dengan ketat selama nge-gym. Namun ternyata Anabele Kingsley memperingatkan adanya ancaman kebotakan ketika seseorang secara konstan menguncir rambut secara ketat saat berkeringat.

Menurutnya, meskipun jarang terjadi, menguncir rambut dengan gaya tersebut dapat memicu alopecia traksi yang menyerang akar saat rambut terus menerus tertarik selama periode waktu tertentu. Alopecia adalah istilah medis dari kerontokan rambut.

Salah satu solusinya adalah merapihkan rambut dengan sebuah bobble sehingga para 'ladies' dapat nge-gym dengan santai tanpa membebani rambut dengan daya tarik yang berlebihan. Saran ini disampaikan seiring kekuatiran Anabele terhadap meningkatnya jumlah wanita masa kini yang meminta bantuan ke klinik ayahnya di London terkait kerontokan rambut.

Boleh dicoba Tips: Keren... Dokter Kandungan Ini Ajak Ibu Hamil Dansa Sebelum Persalinan!

Gaya rambut saat nge gym
Mengikat rambut dengan invisibobble

"Gaya menguncir rambut terlalu kencang, seperti mengikat rambut dengan ekor kuda atau dikepang ketat, dapat menyebabkan terlalu banyak daya tarik pada rambut dan folikel rambut.

"Awanya, ini dapat menyebabkan kerusakan dan mungkin bahkan menarik helaian rambut keluar. Jika dilakukan berulang kali dalam periode waktu yang lama, kerontokan rambut permanen dapat timbul.

"Tipe kerontokan rambut ini disebut 'alopecia traksi'. Untuk membantu mencegahnya, gunakan gaya rambut yang lebih longgar," saran Anabele Kingsley.

"Sebagai aturan praktis, jika gaya rambut Anda menyakiti kulit kepala, kemungkinan juga merusak rambut Anda," imbuhnya.

Beberapa Jenis Kerontokan Rambut

Ada banyak jenis kerontokan rambut dengan berbagai penyebab dan gejala berbeda. Yang paling umum terkait dengan pola kebotakan (pattern baldness) yang mengancam pria dan wanita, biasanya berdampak pada orang dewasa di awal 30-an.

Sedangkan alopecia traksi yang disebabkan oleh tertariknya akar rambut secara konsisten termasuk jarang terjadi. Hal tersebut mencegah pertumbuhan rambut kembali dengan memicu kerusakan permanen pada folikel rambut.

Kerontokan rambut akibat alopecia traksi diperkirakan banyak dialami wanita Afrika-Amerika yang suka mengepang rambutnya. Demikian pula balerina yang seringkali menata rambutnya dengan gaya kuncir kuda yang ketat.

Selain itu, Anabele mengklaim seiring cerita dari penulis berusia 23 tahun yang mengalami bintik-bintik kebotakan di sekujur kepalanya setelah mengenakan hair extension. Maria Fischer dari New York menuturkan bahwa dia mengalami alopecia traksi. Bahkan diperkirakan sepertiga wanita mengalami kondisi tersebut dalam kehidupan mereka.

Tips: Wanita Menyusui Sebaiknya Konsumsi Makanan Pedas, Lho Kok Gitu?

Cara Mencegah Alopecia Traksi

Alopecia traksi sepenuhnya berada di bawah kendali seseorang dan dapat dicegah. Salah satunya dengan menghindari gaya rambut seperti cornrows, kepang, konde yang ketat dan kuncir kuda, gimbal, dan hair extension.

Jika gejala alopecia traksi diketahui secara dini, maka kerusakan dapat diperbaiki seiring waktu dengan tidak lagi memberikan ketegangan pada folikel rambut. Namun jika folikel sudah terlalu rusak, rambut tidak akan tumbuh kembali di beberapa area dan transplantasi rambut kemungkinan menjadi satu-satunya pilihan untuk mengembalikan pertumbuhan rambut.

Jadi, sudah siap memilih gaya penataan rambut berbeda saat nge-gym untuk menghindari kebotakan?

(Managing Editor) Lulusan S1 (Sarjana Komputer Informatika ) Universitas Bina Nusantara. Serius menekuni desain grafis baik online dan offline sejak 2004 seperti pembuatan company profile perusahaan, brosur, katalog majalah dan kegiatan desain lainnya serta managing editor Pengentau.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here