Jelang persalinan pada umumnya dokter kandungan menganjurkan agar ibu hamil tetap melanjutkan kegiatan normal dan banyak bergerak agar dapat mempermudah proses kelahiran. Namun Dr Fernando Guedes da Cunha memilih untuk melakukan kegiatan unik bersama-sama pasiennya yang sebentar lagi melahirkan. Pengentau apa sih yang dilakukan dokter itu?

Dokter asal Brasil tersebut mengklaim bahwa dirinya menemukan satu kegiatan yang efektif sebagai penghilang rasa nyeri, yakni lewat tarian atau berdansa. Mungkin ini adalah jenis kegiatan terakhir yang akan dipilih oleh para ibu hamil jelang persalinannya, namun dalam video yang viral beredar di medsos, sang dokter malah mengajak ibu hamil bergoyang bersamanya.

Aksi unik ini membuat video yang dibagikan Dr Fernando melalui medsos ini menghebohkan jagad maya sejak bulan Agustus 2017 ketika sebuah video yang menampilkan saat dirinya menari bersama ibu hamil menjelang persalinan dengan menggunakan lagu 'Despacito' di Rumah Sakit Umied Vitoria diunggah via Facebook.

Baca juga Tips: Wanita Menyusui Sebaiknya Konsumsi Makanan Pedas, Lho Kok Gitu?

Hingga saat ini, video tersebut telah 252 ribu kali tayang dan dibagikan lebih dari 4200 kali. Dalam keterangan video tersebut sang dokter kandungan menjelaskan bahwa, "Menari, berjalan, aktifitas fisioterapi dengan bola dan jongkok adalah bagian dari vertikalisasi pasien, yang sangat menguntungkan bagi persalinan. Semakin kita mencoba menerapkan tindakan manusiawi untuk meningkatkan perawatan bagi wanita hamil."

Selain itu, video yang sama pun dibagikan melalui akun Instagram sang dokter yang saat ini telah memperoleh lebih dari 35 ribu followers.

Menurut 'dokter dansa' ini, sejumlah gerakan tari tersebut akan membuat pasien menjadi relaks dan memudahkan proses kelahiran. Yang lebih menarik lagi adalah, teknik ini didasari pada sains.

Menurut studi dari The New England Journal of Medicine, proses kelahiran yang dapat berlangsung sekitar delapan jam dan bahkan terkadang lebih lama, dapat dipersingkat jika sang wanita hamil tersebut bergerak. Salah seorang ginekolog kebidanan dari New Jersey Overlook Medical Center, Dr Regina Kaplan, menjelaskan pada Glamour bahwa menari dapat membantu proses tersebut.

"Bayi perlu bergerak melalui jalan lahir, jadi ketika ibunya bergerak, dia membantu bayi untuk bergerak melalui struktur jalan lahir tersebut," ujar Dr Kaplan.

Selain membantu meredakan rasa sakit, tarian tersebut juga dibutuhkan untuk mengalihkan fokus sang ibu dari kekuatiran menghadapi proses melahirkan. "Ini akan membantu menggeser tekanan bayi yang menekan struktur dan organ tubuh sang ibu," imbuhnya.

Kegiatan menari bersama pasien tersebut tampak telah berkali-kali dilakukan oleh Dr Fernando. Video terakhir yang menampilkan kegiatan dansa tersebut diunggah sang dokter per tanggal 15 Desember 2017 melalui akun Instagram dan telah tayang lebih dari 141 ribu kali.

Senang olahraga? simak Tips: Para Wanita Sebaiknya Hindari Gaya Rambut Ini Saat Nge-Gym, Bisa Bikin Botak Lho!

Dr Fernando Guedes da Cunha menari bersama pasiennya
Dr Fernando Guedes da Cunha menari bersama pasiennya

Namun berdansa bukan satu-satunya kegiatan yang dapat dipilih oleh wanita yang hendak melahirkan. Dr Kaplan juga merekomendasikan kegiatan lainnya seperti berjalan, yoga, kursi goyang, termasuk juga menari - tergantung kegiatan apa yang dapat dilakukan sang ibu - untuk meminimalkan rasa sakit.

Kegel atau latihan dasar panggul juga dipercaya dapat meredakan nyeri bersalin, juga teknik mengatur ritme pernafasan. "Wanita hamil - seringkali menemukan dirinya dapat melalui proses persalinan lebih mudah. Memperkuat otot ini (melalui Kegel) selama kehamilan dapat membantu Anda membangun kemampuan untuk mengendalikan otot selama mengandung dan bersalin," demikian menurut American Pregnancy Association.

(Managing Editor) Lulusan S1 (Sarjana Komputer Informatika ) Universitas Bina Nusantara. Serius menekuni desain grafis baik online dan offline sejak 2004 seperti pembuatan company profile perusahaan, brosur, katalog majalah dan kegiatan desain lainnya serta managing editor Pengentau.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here