Tips: Cara Cek Biaya Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta, Surabaya, DLL Secara Online

292

Cek biaya Pajak Kendaraan Bermotor di wilayah DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, Bogor, dan lainnya bisa dilakukan secara Online.

Setiap hari pasti ada masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor yang datang ke kantor Pajak Samsat daerah masing-masing untuk memperpanjang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang telah jatuh tempo.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya anda bisa mengetahui jumlah biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara online. Hal ini tentu memudahkan karena dengan tahu berapa biaya PKB mobil atau motor anda lebih awal maka uang sudah bisa disiapkan terlebih dahulu.

Bagaimana cara mengecek Biaya Pajak Kendaraan Bermotor secara online? simak terus tulisan ini hingga akhir.

Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Yang kami tahu, di DKI Jakarta berlaku Pajak Progresif jika anda memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor. Hingga artikel ini diturunkan, berlaku tarif progresif untuk kendaraan pertama sebesar 1,5%, dan akan terus naik hingga 4 kendaraan atau lebih.

Umumnya, orang Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota besar lainnya yang 'kelebihan duit' di Indonesia memiliki dua atau tiga kendaraan (mobil). Oleh sebab itu, berikut ini kami lampirkan daftar tarif kendaraan bermotor DKI Jakarta hingga empat kepemilikan yang harus dibayar setahun sekali, berdasarkan ketetapan dalam Pasal 7 ayat (1) Peraturan Daerah DKI No.8 Tahun 2010.

(Lihat juga model desain Toyota Rush 2018 Terbaru mulai dari Harga, Gambar, Interior, Eksterior, dan Spesifikasi)

  • Mobil / Motor Pertama, Tarif Pajak 1,5%
  • Mobil / Motor Kedua, Tarif Pajak 2%
  • Mobil / Motor Ketiga, Tarif Pajak 2,5%
  • Mobil / Motor Keempat dan seterusnya, Tarif Pajak 4%

Berapa jumlah pajak yang harus kita bayar ada tertera di STNK. Disana tertera nominal PKB (Pajak Kendaraan) yang sudah dihitung termasuk tambahan Pajak Progresif, ditambah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), biaya administrasi STNK.

Syarat Perpanjang dan Pergantian STNK

Perlu diketahui Pajak Kendaraan Bermotor yang harus diperpanjang ada dua jenis yakni Pajak Tahunan untuk perpanjang STNK dan Pajak Lima Tahunan, untuk pergantian STNK.

STNK Tahunan

Pajak Kendaraan jenis ini akan diperpanjang setiap tahun. Pembayaran bisa datang langsung ke kantor Samsat daerah masing-masing. Sebenarnya pembayaran STNK tahunan juga bisa dilakukan melalui online, namun fasilitas ini masih sangat terbatas untuk beberapa wilayah tertentu di Indonesia.

Perpanjang STNK tidak butuh waktu lama (kecuali fasilitas online lagi error). Yang perlu disiapkan sebagai syarat perpanjang kendaraan adalah Mengisi Formulir Perpanjangan, KTP Asli, STNK Asli, BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) Asli, dan dana untuk bayar pajang.

Semua dokumen ini harus di fotocopy karena KTP, STNK, dan BPKB asli hanya sebagai lampiran awal untuk pengecekan petugas kepolisian di Samsat.

Dokumen Syarat Perpanjang STNK Mobil / Motor

  • STNK (Asli dan Fotocopy)
  • KTP (Asli dan Fotocopy)
  • BPKB (Asli dan Fotocopy)
  • Formulir Permintaan Perpanjangan STNK
  • Uang

STNK Lima Tahunan

Pajak Kendaraan jenis ini dilakukan setiap lima tahun sekali. Dalam hal ini STNK akan diganti baru dan anda akan diberikan Plat Nomor Kendaraan yang baru. Khusus untuk Pajak ini akan dilakukan pemeriksaan fisik kendaraan seperti nomor rangka dan nomor mesin, dan pembayaran harus dilakukan dikantor Samsat.

Sama seperti Perpanjang STNK, Pergantian STNK juga membutuhkan semua dokumen tanda kepemilikkan kendaraan anda. Yang berbeda hanya formulir pengisian saja.

Dokumen Syarat Pergantian STNK Mobil / Motor

  • STNK (Asli dan Fotocopy)
  • KTP (Asli dan Fotocopy)
  • BPKB (Asli dan Fotocopy)
  • Formulir Permintaan Cek Fisik Kendaraan
  • Uang

Tips: Bagaimana Cara Cek Biaya PKB Secara Online

Ok, setelah mengetahui jenis Pajak dan tarif progresif Kendaraan Bermotor, lalu berapa jumlah yang harus kita bayar. Setiap daerah punya kebijakan sendiri, disini kami hanya menyertakan cara cek Pajak Mobil dan Motor untuk Samsat DKI Jakarta dan Surabaya.

DKI Jakarta

Untuk akses layanan cek Pajak Mobil dan Motor secara online, Pemerintah Propinsi (Pemprov) DKI Jakarta kerjasama dengan Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Direktorat Lalu Lintas - Subdit Regident menyediakan sub situs di Jakarta.go.id.

Samsat wilayah DKI Jakarta meliputi: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur. Perpanjangan STNK online dapat diproses di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.

Untuk mempermudah pengecekan anda bisa langsung ke laman http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki.

Tampilan cara cek Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta
Tampilan cara cek Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta 2018 (bisa berubah sewaktu-waktu)

Dari gambar diatas, untuk mengecek berapa pajak PKB mobil atau motor yang harus dibayar, gampang saja. Masukkan nomor Plat kendaraan anda, masukkan NIK (NIK ada tertera di STNK sama dengan nomor KTP), kemudian klik Proses.

Informasi hasil cek jumlah Pajak Mobil atau Motor DKI Jakarta
Informasi hasil cek jumlah Pajak Mobil atau Motor DKI Jakarta

Setelah proses maka anda akan dibawah ke informasi data kendaraan dan jumlah Pajak yang harus dibayar seperti terlihat pada gambar diatas. Karena sudah mengetahui biaya Perpanjangan, selanjutnya ya siapkan uangnya.

Jawa Timur

Untuk anda yang berdomisi di wilayah Jawa Timur seperti Surabaya, maka bisa cek biaya Pajak mobil dan motor anda melalui laman http://www.dipendajatim.go.id/.

Sudah lebih mudah, anda bisa langsung akses melalui http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

Cara cek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Timur
Antarmuka untuk cek Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Timur

Cara cek info Pajak Kendaraan Jawa Timur online dari hp dan komputer pc:

  • Masukan nomor polisi
  • Ketikan kode verifikasi
  • Klik Cari
  • Muncul Informasi PKB (sejauh ini nominal belum termasuk pajak progresif dan denda terlambat bayar)
  • Siapkan dana

Cek juga 6 Cara Cek Kode Imei iPhone Resmi Dengan Mudah dan Benar

Untuk cek PKB online Wilayah lainnya di Indonesia akan kami update pada laman ini seperti wilayah:

Gimana, sekarang sudah tau-kan cara mengetahui biaya Pajak Kendaraan Bermotor anda sekarang? Jika anda punya informasi wilayah lain atau pengalaman membayar Pajak Mobil atau Motor silahkan berikan pada kolom komentar dibawah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.