Benarkah SPT Masa Nihil Tidak Wajib Lapor? Ini Pengalaman Saya di Kantor Pajak!

40

Benarkah SPT Masa Nihil tidak wajib lapor? Harap hati-hati membaca informasi dan mengikuti aturan pajak supaya tidak terjadi kesalahan.

SPT Masa itu apa?

Sebelum lebih jauh, sebaiknya anda tahu apa itu SPT. SPT dalam bahasa perpajakan adalah Surat Pemberitahuan Pajak. SPT yang dilaporkan umumnya ada dua bagian yakni SPT Masa dan SPT Tahunan.

SPT masa dilaporkan setiap bulan sedangkan SPT Tahunan dilaporkan wajib pajak setiap tahun. Baik penghasilan dari perusahaan berbentuk badan usaha, atau penghasilan pribadi, wajib melaporkan SPT masa dan SPT tahunan. Kecuali? simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga: Hindari Pajak Progresif, Ini Cara Blokir Nama di STNK Mobil (Motor) Usai Dijual

Aturan Tidak Perlu Lapor SPT

PPh 21 nihil wajib lapor

Ketentuan mengenai SPT Masa Nihil tidak wajib lapor ternyata benar. Peraturan itu dikeluarkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dengan surat keputusan PMK No. 9/PMK.03/2018.

Peraturan itu tertuang dalam Pasal 10 PMK No. 9/PMK.03/2018. Disana disebutkan bahwa Wajib Pajak dibebaskan dari kewajiban pelaporan SPT Masa Nihil, kecuali karena adanya Surat Keterangan Domisili (Certificate of Domicile), SPT Masa PPh Pasal 21/26 nihilnya masa Desember, dan adanya potongan PPh Pasal 21/26 final.

Jika anda perhatikan memang benar SPT masa nihil tidak lagi wajib lapor. Namun ada syarat dan ketentuan lainnya yang harus dilaporkan salah satunya PPh pasal 21/26.

Setiap wajib pajak baik perorangan maupun badan usaha yang menghasilkan dan ditunjuk sebagai pemotong atau pemungut PPh (Pajak Penghasilan), wajib lapor pajak.

Baca juga: Ini Sistem Bagi Hasil Mitra Go Food 2019 dan Cara Perhitungan Terbaru

Pengalaman Pribadi

Sejujurnya, saya tidak terlalu mengerti soal pajak. Namun sejak dirilis soal aturan baru tentang tidak wajib lapor SPT Masa nihil, saya sudah tidak melapor sejak bulan April 2018 khusus untuk PPh pasal 25 badan.

Memasuki bulan Desember 2018, saya teringat penjelasan seorang staf kantor pajak. Ia sempat bilang bahwa yang tidak dilapor itu Januari hingga November, sedangkan Desember harus lapor. Apanya?

Jadi begitu awal Januari 2019, saya langsung ke kantor pajak untuk melapor sekaligus cari informasi baru. Ternyata benar ada satu bagian, khusus pemilik badan usaha bukan OP (Orang Pribadi) masih wajib lapor SPT Masa yakni SPT masa Pph pasal 21.

Jadi, mulai 23 Januari 2018, SPT Masa PPh Pasal 21 nihil tidak perlu dilaporkan ke KPP kecuali masa Desember.

Lapor SPT Tahunan Online, SPT Masa PPH 21 tidak wajib lapor

Oleh petugas, saya dipersilahkan mengambil formulir 1721-1 untuk melengkapi laporan SPT Masa Pph pasal 21/26, walaupun sebenarnya perusahaan sudah tidak berjalan atau dalam keadaan nihil.

Formulir SPT Masa PPh pasal 25 (SSP) yang saya serahkan dikembalikan lagi karena memang tidak wajib lapor. Nanti dilaporkan secara keseluruhan pada saat SPT Tahunan paling lambat Maret atau April.

Jadi, mulai 23 Januari 2018, SPT Masa PPh Pasal 25 nihil juga tidak perlu dilaporkan ke KPP.

SPT Masa Nihil Orang Pribadi

Bagaimana dengan SPT Masa nihil untuk penghasilan Orang Pribadi? ternyata lebih mudah lagi. Karena bukan sebagai pemotong atau pemungut pajak jadi tidak ada laporan PPh 21 untuk karyawan atau pegawai.

Jadi untuk wajib pajak orang pribadi yang penghasilannya nihil memang tidak perlu lapor SPT masa. Namun wajib lapor SPT tahunan.

Sebagai tambahan, untuk SPT Masa PPh 25 OP 411125-100 yang tidak nihil kini harus dilaporkan secara online melalui https://sse.pajak.go.id/.

Bagaimana cara lapor pajak online melalui E-Filing pada sistem Billing Pajak versi terbaru SSE, cara membuat nomor EFIN DJP, lapor pajak pribadi dan SPT tahunan online, akan kami bahas di artikel lain.

Baca juga: Tips: Cara Cek Biaya Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta, Surabaya, DLL Secara Online

Kesimpulannya

Saya pulang kembali membawa semua berkas dokumen SSP yang sudah diisi nihil baik untuk badan maupun pribadi. Yang dilaporkan hanya PPh pasal 21 dan tambah dengan formulir 1721-1 khusus bulan Desember.

Demikanlah artikel Benarkah SPT Masa Nihil Tidak Wajib Lapor? Pengalaman ini dikirim oleh salah satu pembaca Pengentau.id yang ingin berbagi, dan sudah melalui proses editor. Semoga bisa bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.