Ulasan: Spesifikasi dan Harga Realme U1 Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

147

Realme U1 resmi mendarat di Indonesia dan mengawali pre-sale mulai tanggal 11-12 Desember 2018, bertepatan dengan Harbolnas 2018.

Realme U1 diperkenalkan pertama kali di India pada akhir November lalu. Ponsel selfie dari sub-brand Oppo tersebut bersaing di segmen smartphone entry-level hingga mid-range dengan harga jual mulai Rp 2,6 jutaan.

Ponsel ini terbilang mirip dengan Realme 2 Pro, namun dibekali kamera selfie yang lebih mantap plus kinerja chip sedikit lebih cepat. Selain itu, Realme U1 memiliki keunggulan lain di sisi harga jual, lebih murah dibandingkan Realme 2 Pro.

Ditawarkan dalam dua varian paduan RAM serta penyimpanan internal, 3GB/32GB atau 4GG/64GB, berikut ulasan singkat seputar Realme U1.

Baca juga: 5 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A9 (2018)

Realme U1: Desain dan Layar

Peningkatan luar biasa diperlihatkan Realme melalui deretan ponselnya dalam waktu lebih dari enam bulan terakhir. Namun salah satu yang cukup stabil adalah pada sisi desain.

Kendati berbahan dasar plastik, bodi Realme U1 ukuran 157 x 74 x 8 mm berbobot 168 gram ini terlihat cukup kokoh, dihimpit layar kaca 2D serta lapisan kaca pada sisi belakang ponsel.

Notch kurva bergaya sebagai tempat hadirnya kamera selfie 25MP pada sisi atas layar merupakan salah satu upgrade desain terbesar di smartphone ini.

Realme U1 notch kamera selfie 25MP

Seperti juga 2 Pro, Realme U1 mengusung bezel ramping yang sepenuhnya bergantung pada navigasi virtual tanpa kehadiran tombol hardware di sisi depan.

Nah, keistimewaan lain dari U1 adalah hadirnya tiga opsi pilihan warna menarik yang eye-catching - Fiery Gold, Ambitious Black, dan Brave Blue.

Dual kamera hadir pada sisi belakang U1, bersama pemindai sidik jari. Bagian sisi bawah dilengkapi port micro-USB, audio, serta loudspeaker.

Tiga slot di sisi kiri dapat menampung dua kartu nano-SIM juga sebuah kartu microSD.

Hp ini dilengkapi layar IPS LCD ukuran 6,3 inci 1080p, rasio 19,5:9 (409ppi), berlapis Gorilla Glass 3 dengan finishing 2,5D nan halus di sekitar tepinya.

Seperti model sebelumnya, layar smartphone ini juga dibekali Auto Brightness, pengaturan tiga jenis warna suhu layar - Cooler, Default, dan Warmer -, Auto Screen Off (15 detik hingga 30 menit), ukuran fonts, juga fitur Night Shield.

Fitur terakhir tersebut akan melindungi mata pengguna dari bahaya emisi Blue-light. Anda dapat mengatur jadwal aktifnya, misalkan antara jam 7 malam hingga 12 siang, dan mengatur warna warm yang lebih nyaman untuk penglihatan.

Ada tiga pilihan efek untuk dipilih - Display in Colour (berwarna), Display in Black and White (hitam putih), dan Comfortable Night-time Reading (tulisan putih, latar hitam).

Baca juga: Tablet Google Pixel Slate Mulai Terima Pre-Order, Harga Mulai Rp 8,7 Jutaan

Realme U1: Performa

Realme U1 merupakan ponsel pertama dengan penggunaan chipset baru Helio P70. Meski dibekali inti AI dan algoritma serupa P60, namun P70 menjanjikan peningkatan proses image serta dilengkapi chip radio FM.

Chip ini menghadirkan prosesor octa-core yang sama dengan P60, namun dengan core meningkat hingga 100MHz. Artinya, Helio P70 memiliki 4xA73 core pada 2,3GHz dan 4x53 core di 2,0GHz.

GPUnya tetap tri-core Mali-G72 MP3 dengan kecepatan yang meningkat 100MHz, menjadi 900MHz. Dan seperti telah disebutkan, U1 ditawarkan dalam dua paduan RAM/penyimpanan - 3GB/32GB atau 4GG/64GB.

Di sisi software, Realme U1 dijalankan dengan ColorOS5.2 berbasis Android 8.1 Oreo.

Keunggulan kustomisasi ColorOS antara lain melalui mesin AI yang menyajikan terjemahan real-time, Face Unlock yang cepat, gestur navigasi, serta layar terpisah untuk multi-tasking.

Saat telah membuka aplikasi, geser dengan tiga jari dari bawah ke bagian atas layar untuk menggunakan opsi layar terpisah (split-screen). Maka Anda dapat menggunakan setengah bagian layar untuk membuka aplikasi lainnya.

Untuk mengakhiri mode split-screen, ulangi gerakan geser layar menggunakan tiga jari. Jika Anda menggeser dari bagian atas layar ke bawah, maka seketika dapat mengirim atau mengedit dan bahkan membidik sebuah screenshot panjang.

Realme U1: Fitur Keamanan

Fitur lain yang melengkapi versi 5.0 dari ColorOS adalah app shortcut model baru, fitur keamanan baru, dan mode gaming yang lebih baik.

Realme U1 Fiery Gold

Ada tiga opsi keamanan - Fingerprint, Face Unlock, dan Passcode.

Sensor pemindai sidik jari selalu aktif secara cepat dan akurat. Anda juga dapat mengatur Face Unlock untuk meningkatkan keamanan ponsel.

Pengenalan wajah di U1 yang mengandalkan 120 titik pengenalan mampu beroperasi cukup cepat, bahkan menurut GSM Arena lebih cepat dibandingkan iPhone X.

Peningkatan Game Space juga memungkinkan Anda memilih notifikasi mana yang akan diabaikan saat bermain game. Juga ada beberapa mode berbeda serta opsi untuk mengunci kecerahan layar di beberapa game tertentu.

Dari segi konektivitas, Realme U1 dilengkapi dual skot kartu nano-SIM yang mendukung kartu microSD, mirco-USB, jack audio 3,5mm, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac - 2.4GHz dan 5GHz, serta GPS/A-GPS/Glonass.

U1 didukung oleh jaringan GSM: 850/900/1800/1900MHz, WCDMA: 850/900/2100MHz, FDD-LTE: Bands 1/3/5/8, TD-LTE: Bands 38/40/41 (2535-2655MHz).

Selain sensor Fingerprint, ada juga sensor Gravity, G-sensor, M-sensor, hingga OTG.

Realme U1: Kamera

'Selfie Phone' Realme U1 dilengkapi kamera selfie 25MP sensor Sony IMX576 f/2.0 dengan lensa fixed-focus. Tanpa dilengkapi dedicated flash, namun dapat menggunakan screen-flash.

Mode Super Vivid untuk selfie membuat tone warna kulit menjadi lebih natural, dipadu dengan efek Bokeh mempercantik foto Anda. Sedangkan fitur HDR akan meningkatkan kejernihan bidikan Anda.

Kamera selfie tersebut berpadanan dengan dual kamera utama 13MP f/2.2 + 2MP f/2.4 yang dilengkapi LED flash. Secara umum kamera ini berfungsi dengan baik di kondisi cukup cahaya, namun hasil foto terkadang agak buram dan kurang rinci jika digunakan pada kondisi kurang cahaya.

Baca juga: 9 Tips Edit Foto A la Pro Untuk Instagram Kekinian

Realme U1 Brave Blue

Realme U1: Baterai

Baterai berkapasitas 3500mAh dibenamkan dalam Realme U1, setara dengan yang ada di 2 Pro. Baterai tersebut mendukung pengisian ulang 5V/2A, dimana akan terisi sekitar 30% dalam waktu 30 menit.

Saat dilakukan pengujian oleh GSM Arena, kinerja baterai tersebut cukup baik dan mampu mencapai angka 93 pada tingkat daya tahan, sekitar 24 jam waktu bicara di jaringan 3G, atau sekitar 10,5 jam untuk memutar video.

Realme U1: Harga Jual

Untuk pasar Indonesia, Realme U1 varian 3GB/32GB dijual seharga Rp 2.699.000. Sementara varian 4GB/64GB seharga Rp 2.999.000.

Realme U1: Kesimpulan

Realme U1 merupakan salah satu ponsel entry-level yang patut diperhitungkan. Dibawah harga 3 juta rupiah Anda bisa mendapatkan ponsel pintar dengan desain berkelas serta sederet fitur papan atas seperti Face Unlock hingga Fingerprint Sensor.

Ditambah lagi kehadiran kamera selfie super besar, 25MP, membuatnya masuk dalam kategori ponsel selfie harga murah.

Realme U1: Pro dan Kontra

Pro
- Desain menawan
- Notch kurva penuh gaya
- Performa gemilang di kelasnya
- Kinerja baterai yang bagus
- Kamera selfie dengan kualitas sangat baik
- Harga murah

Kontra
- Terbuat dari plastik
- Tidak bisa digunakan merekam video 4K
- Hasil foto kurang bagus dalam kondisi kurang cahaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.