Xiaomi resmi meluncurkan Mi Mix 3, smartphone geser canggih dengan besaran rasio layar-ke-body yang luar biasa, pada hari Kamis 25 Oktober 2018 di Forbidden City, Beijing, China. Berbalut material keramik premium dengan tampilan layar bezel-less dan dibekali empat kamera, Xiaomi Mi Mix 3 dijadwalkan siap rilis awal bulan November di negara asalnya.

Ponsel dual SIM Xiaomi Mi Mix 3 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 845 octa core hingga 2,8GHz dipadu GPU Adreno 630 dengan variasi RAM 6GB/8GB/10GB, ruang penyimpanan 128GB/256GB, baterai 3200mAh yang mendukung fitur Quick Charge 4.0+, dan 10 watt isi ulang cepat nirkabel.

Di sisi software, Mi Mix 3 dijalankan dengan OS MIUI 10 dan Android 9.0 Pie. Yuk, simak spesifikasi dan harga Xiaomi Mi Mix 3 dibawah ini.

Kamera Depan Di Balik Layar

Apa kesan pertama saat melihat Xiaomi Mi Mix 3? Secara umum akan menjawab tampilan layar penuhnya yang super besar.

Ponsel pintar ini dikemas dengan panel layar Full HD+ AMOLED dari Samsung berukuran 6,39 inci, yang mencakup 93,4 persen body ponsel, dan diproteksi oleh Gorilla Glass 5. Resolusi layarnya 2,340 x 1,080 pixel dengan aspek rasio 19,5:9.

Dengan mengusung mekanisme geser, generasi penerus Mi Mix 2 ini dapat menyembunyikan kamera selfie yang terletak di sisi depan ponsel. Menariknya, Xiaomi memilih menggunakan mekanisme geser manual tanpa motor, yang menjadi salah satu keunggulan smartphone ini, dipadu magnet neodymium yang digunakan untuk menguncinya ketika terbuka atau tertutup.

Pengguna harus menggeser layar ke bawah ketika ingin mengambil foto selfie atau membuka kunci ponsel. Jika tidak sedang menggunakan sensor pengenalan wajah atau kamera depan, maka ponsel akan berada dalam keadaan default.

Aksi menggeser layar tidak hanya mengaktifkan kamera depan, namun juga bisa digunakan untuk menjawab telepon atau membuka aplikasi tertentu. Ketika dalam mode landscape untuk bermain game, menggeser layar akan membuka menu in-game untuk menyembunyikan notifikasi, merekam layar, atau mengambil screenshot.

Saat memegang Mi Mix 3, pengguna akan merasakan bobot yang lumayan untuk sebuah ponsel dengan berat 218 gram atau lebih berat 17 gram dibandingkan samsung Galaxy Note 9. Namun ukuran ponsel pintar teranyar ini lebih pendek dan lebih tipis dibandingkan Note 9, serta tampak lebih melengkung pada bagian panel belakang sehingga terasa lebih 'tak bertepi'.

Smartphone 5G Empat Kamera

Kecanggihan lain yang ditawarkan Xiaomi Mi Mix 3 adalah lewat kehadiran varian versi 5G, yang disebut Xiaomi sebagai ponsel pertama yang tersedia secara komersial di dunia. Namun sepertinya varian 5G ini baru meluncur pada kuartal pertama tahun depan.

Selain itu, Mi Mix 3 juga dibekali empat kamera canggih, dua di sisi depan dan dua di sisi belakang.

Untuk kebutuhan selfie, hadir kamera depan Sony IMX576 24MP dengan 1,8 mikron pixel dan aperture lensa f/2.2 dipadu kamera sekunder 2MP untuk mode potrait dan menciptakan efek bokeh (latar belakang blur).

Di panel belakang ponsel, hadir kamera 12MP - seperti yang ada di Mi 8 - dengan sensor utama Sony IMX363 1,4 mikron pixel. Aperture lensa f/1.8 menempati bagian teratas dari empat sumbu OIS, dipadu dengan sensor Samsung S5K3M3+ 1 mikron pixel dan 2x optikal lensa aperture f/2.4 di depan.

Kamera utama tersebut diklaim mampu merekam video 4K 60fps, serta merekam video 1080p atau 720p dengan gerakan super lambat pada 960fps seperti yang ditemukan di Galaxy Note 9. Namun karena tidak dibenamkan DRAM, Mi Mix 3 menggunakan interpolasi untuk menerima video 960fps sehingga kualitasnya tentu tidak dapat disamakan.

Kamera di Mi Mix 3 juga dibekali beberapa fitur AI yang canggih termasuk AI Beautify, Potrait Mode, dan Studio Lighting. Untuk kamera utama, juga dibekali AI Scene Detection dan AI Background Music yang akan secara otomatis menambahkan audio ke video Anda.

Harga Xiaomi Mi Mix 3

Hadir dalam tiga pilihan warna - Onyx Black, Jade Green, dan Sapphire Blue - harga Xiaomi Mi Mix 3 bervariasi, sesuai varian RAM dan penyimpanan internal, dengan rentang antara US$475 (Rp 7,2 jutaan) untuk model 6GB/128GB hingga US$720 (Rp 10,9 jutaan) untuk edisi spesial 'Forbidden City Palace Museum' dengan RAM 10GB dan penyimpanan internal 256GB.

Belum diketahui secara resmi tanggal peluncuran serta harga jual Xiaomi Mi Mix 3 di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here