Samsung memperkenalkan ponsel pertama yang dibekali layar lipat, kemungkinan diberi nama Galaxy X atau Galaxy F, melalui acara Samsung Developer Conference (SDC) pada hari Rabu, 7 November 2018, di San Francisco, California.

Ponsel yang diperkenalkan oleh Justin Denison, Senior Vice President of Mobile Marketing di Samsung, dijadwalkan akan mulai diproduksi secara masal dalam beberapa bulan kedepan.

Saat ditampilkan, tampak sebuah ponsel yang akan berubah menjadi tablet ketika dibuka dengan menggunakan teknologi layar terbaru yang disebut Infinity Flex Display.

Video Ponsel Layar Lipat Samsung

Kabar gembira Pemilik Samsung Galaxy Note 9 Dan Tab S4 Akan Mendapat Perkakas Fortnite Eksklusif

"Infinity Flex Display menghadirkan platform mobile yang baru sepenuhnya. Sebelumnya kita telah hidup di sebuah dunia dimana ukuran layar Anda hanya bisa sebesar perangkat itu sendiri. Kami menambahkan sebuah dimensi baru untuk membantu anda browsing, nonton, dan melakukan beberapa pekerjaan yang belum pernah sebelumnya," tutur Denison, dilansir dari CNet.

Dengan menggunakan ponsel layar lipat tersebut, pengguna dapat menjalankan tiga aplikasi secara bersamaan, yang disebut oleh Samsung sebagai Multi Active Windows. Pimpinan Android UX dari Google, Glen Murphy, juga memastikan bahwa Android akan mendukung teknologi layar lipat terbaru tersebut.

Namun bentuk dan dimensi ponsel layar lipat yang ditampilkan di acara SDC tersebut belum mewakili tampilan yang sebenarnya. Diprediksi Samsung akan merilis ponsel layar lipat yang lebih ramping dan memiliki bezel yang lebih tipis.

Spesifikasi Ponsel Layar Lipat

Selanjutnya, Samsung juga memberikan beberapa rincian mengenai ponsel layar lipat terbaru yang kemungkinan akan meramaikan pasar smartphone tahun depan.

Bagian Cover Display, yang Anda lihat saat smartphone dalam kondisi tertutup, memiliki ukuran 4,58 inci dengan aspek rasio 21:9, resolusi 840 x 1960 pixel, dan kerapatan pixel 420dpi. Layar ini tidak akan aktif dan tampil hitam saat ponsel dibuka.

Sementara Main Display, layar lebih besar yang ditemukan ketika membuka smartphone, berukuran 7,3 inci dengan aspek rasio 4,2:3, resolusi 1536 x 2152, dan kerapatan pixel 420dpi.

Kendati dibekali dua layar, namun direktur teknik dan kepala sistem software dari grup bisnis mobile Samsung, Jisun Park, memastikan bahwa umur baterai di smartphone ini akan bertahan lama seperti smartphone Galaxy yang ada saat ini.

Tanggal Rilis Dan Harga Samsung Galaxy X

Meskipun telah diperkenalkan, belum diketahui secara resmi kapan Samsung Galaxy X akan mulai dipasarkan.

Menurut laporan dari Korea Selatan, ponsel ini belum akan dijual hingga tahun 2019. Kemungkinan ponsel dengan layar Infinity Flex ini baru akan diumumkan secara resmi pada bulan Februari tahun depan, melalui acara MWC 2019.

Jadi, berapa harga jual smartphone layar lipat Samsung Galaxy X (Galaxy F) ini? Seorang analis memprediksi harga jualnya akan mencapai sekitar US$1850 atau di kisaran Rp 27 juta. Benarkah?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here