Seorang kakek berusia 68 tahun berhasil menaklukan penyakit diabetes tipe 2 hanya dengan mengkonsumsi coklat dan anggur selama tiga tahun. Pengentau resepnya?

Terry Kemp, nama sang kakek, mengalami sakit diabetes tipe 2 setelah bobot tubuhnya melesat hingga mencapai sekitar 95 kilogram, jenis penyakit yang kerap dihubungkan dengan kelebihan berat badan atau kegemukan.

Di tengah rasa putus asa, kakek dari Bristol tersebut memutuskan untuk hanya mengkonsumsi sebatang coklat hitam (dark chocolate) dengan kandungan 85 persen kakao serta 500 gram anggur merah setiap harinya.

Baca Kisah Sukses Diet Ketogenik: Petinju Ini Berhasil Turunkan Berat Badan dengan Makan 7x Sehari dan Siap Tanding Kembali Usai 'Dicekal' Dua Tahun

Setelah dua tahun melakukan diet unik tersebut, berat badannya berhasil turun sekitar 19 kilogram. Dan yang menarik adalah pernyataan dokter yang mengatakan bahwa penyakit diabetesnya telah lenyap.

"Saya tidak ingin memberikan orang-orang harapan palsu, namun sepertinya ini berhasil untuk saya," tutur Kemp seperti dilansir dari The Sun (2/4/2018).

"Ini bisa saja coklatnya, bisa saja anggurnya, atau bisa juga keduanya dari yang saya ketahui.

"Saya sekarang mulai makan yang lainnya," imbuhnya.

Benarkah coklat dan anggur bermanfaat bagi pasien diabetes tipe 2?

Berdasarkan penelitian sebelumnya, kandungan kakao yang dikenal sebagai monomer epikatekin dapat meningkatkan sekresi hormon insulin, dimana masalah dengan insulin-lah yang menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes tipe 2.

Dari penelitian dengan hewan, monomer epikatekin terbukti dapat mengurangi obesitas dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi kadar gula darah yang tinggi. Namun untuk manusia, peneliti memprediksi dibutuhkan jumlah kandungan kakao yang besar agar dapat merasakan manfaatnya.

"Anda mungkin harus mengkonsumsi sangat banyak kakao dan mungkin Anda tidak ingin memperoleh sangat banyak gula dalamnya.

"Kandungan kakao-lah yang sebenarnya Anda cari," tutur penulis studi Profesor Jeffery Tessem dari Brigham Young University, seperti dilansir dari Daily Mail.

Salah satu alasan dipilihnya coklat hitam adalah mengingat kandungan gula didalamnya cenderung lebih sedikit dibandingkan varian coklat lainnya seperti coklat susu atau coklat putih.

Dark Chocolates dan Anggur Merah

Sedangkan mengenai anggur, penelitian sebelumnya pun mengindikasikan bahwa buah, bertolak belakang dari jus, mengandung antioksidan yang membantu mengatasi diabetes tipe 2.

Buah-buahan seperti anggur juga mengandung sangat banyak serat yang membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan dengan demikian mengurangi kadar kalori yang dikonsumsi hingga membantunya mengurangi berat badan.

Meskipun demikian, kepala perawatan diabetes di UK, sangat menyarankan kepada para pasien diabetes tipe 2 untuk menghubungi dokter masing-masing terlebih dahulu jika berniat untuk menurunkan berat badan atau mengatasi penyakitnya.

"Setiap orang yang mencoba menurunkan berat badan untuk mengatasi diabetes tipe 2 seharusnya melakukan hal tersebut dengan saran dan dukungan dari seorang dokter," tegasnya.

(Managing Editor) Lulusan S1 (Sarjana Komputer Informatika ) Universitas Bina Nusantara. Serius menekuni desain grafis baik online dan offline sejak 2004 seperti pembuatan company profile perusahaan, brosur, katalog majalah dan kegiatan desain lainnya serta managing editor Pengentau.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here