HMD Global, perusahaan yang membawa Nokia kembali bertarung di kancah ponsel pintar, menghadirkan sebuah smartphone kelas menengah yang dilengkapi keseimbangan yang baik antara desain dan kinerja melalui Nokia 5.1 Plus. Mulai menerima pre-order di Indonesia lewat Blibli, ponsel pintar Nokia 5.1 Plus (Nokia X5) ditawarkan dengan harga Rp 2.599.000.

Kehadiran Nokia 5.1 Plus pertama kali diumumkan pada bulan Juli 2018. Ponsel yang memiliki desain mirip dengan Nokia 6.1 Plus ini termasuk handset Android One, yang membuat penggunanya mendapat pengalaman menggunakan Android secara lengkap dengan berbagai pembaharuan keamanan melalui ponsel berkualitas dengan harga terjangkau.

Sebagai salah satu keluarga Android One, ponsel Nokia 5.1 Plus akan terus menerima update besar dalam sistem operasinya selama dua tahun dan pembaharuan keamanan bulanan selama tiga tahun. Bahkan seperti dilansir dari GSM Arena, smartphone ini akan siap menerima update Android Pie sebelum akhir tahun 2018, setelah sebelumnya update OS tersebut telah bergulir di Nokia 7 Plus.

Berikut spesifikasi dan harga Nokia 5.1 Plus atau Nokia X5

Desain dan Body

Berbagi DNA desain yang mirip varian 6.1 Plus, Nokia 5.1 Plus disebut-sebut sebagai ponsel kelas menengah berpenampilan premium dengan mengikuti tren modern lewat layar dari tepi-ke-tepi dan rasio layar-ke-body yang lebih besar, yang tetap mengakomodasi kamera depan, earpiece, serta sensor cahaya ambient.

Body ponsel berdimensi 149,5 x 72 x 8,1 mm dengan bingkai plastik ini berbalut kaca di bagian depan dan belakang hingga nampak mewah dan glossy, meski mudah menampakkan jejak sidik jari dan noda. Dengan bobot 160 gram, ponsel bersudut membulat ini pun nyaman dalam genggaman dan mudah digunakan dengan satu tangan.

Di bagian belakang hadir dual kamera dan sensor sidik jari plus logo Nokia di bagian tengah untuk menjaga keseimbangan tampilan. Sayangnya, tidak hadir aksen silver melingkari modul kamera, sensor sidik jari, dan tombol seperti yang ada di varian 6.1 Plus yang menambah kesan mewah.

Sisi atas dilengkapi jack headphone dan mic sekunder, sementara di bawah hadir port USB-Type C dan speaker. Sebagai tambahan, ponsel pintar ini juga dilengkapi tray untuk hybrid dual-SIM (dua nano SIM atau satu kartu SIM plus kartu microSD yang berkapasitas hingga 400GB).

Layar

Di sisi depan, Nokia 5.1 Plus dilengkapi layar LCD IPS HD+ 5,8 inci dengan aspek rasio 19:9 resolusi 720 x 1520 pixel dan kerapatan pixel sekitar 287 ppi, yang diproteksi dengan kaca lengkung 2,5D.

Tampilan layar cukup cerah dengan sudut pandang yang nyaman plus tingkat kontras warna yang mumpuni, kendati lebih mengarah ke bluish atau kebiruan. Sayangnya, pada sudut tertentu untuk penggunaan di luar ruangan, tampilan layarnya bisa sangat reflektif atau memantul dengan adaptasi kecerahan yang cukup rapuh.

Performa

Ponsel Nokia 5.1 Plus ditenagai chipset MediaTek Helio P60 dengan GPU Mali-G72 MP3, RAM 3GB, dan penyimpanan internal 32GB yang dapat diperbesar hingga 400GB.

Kehadiran Helio P60 menawarkan perpaduan antara kinerja dan efisiensi daya sehingga ponsel ini, dalam penggunaan biasa menurut ulasan Android Authority, mampu bertahan seharian.

Dalam menangani sejumlah pekerjaan sekaligus alias multitasking, ponsel ini pun nampak cukup lancar, meskipun ada sedikit jeda saat meluncurkan beberapa aplikasi tertentu.

Software

Aslinya, Nokia 5.1 Plus dibekali OS Android 8.1 Oreo. Namun seperti telah disampaikan, ponsel ini kemungkinan besar akan segera menerima update OS Android Pie dan juga masih dapat mencicipi Android Q. Aplikasi Google Pay juga telah terinstal dari awal di ponsel ini.

Kamera

Nokia 5.1 Plus dibekali dual kamera di sisi belakang dengan sensor utama 13MP aperture f/2.0 yang dikombinasi dengan sensor sekunder 5MP. Kendati harganya cukup terjangkau, ponsel ini mampu membidik foto dengan hasil mumpuni untuk pengambilan gambar di outdoor dengan reproduksi warna yang akurat, ketajaman, serta sejumlah detail.

Namun di kondisi kurang cahaya, hasil bidikan akan menampilkan sedikit noise dan kurang detail. Bahkan beberapa gambar akan cukup 'grainy'.

Kamera depan 8MP aperture f/2.2 cukup mumpuni untuk menghasilkan foto selfie yang cantik dalam kondisi pencahayaan yang baik, namun akan sedikit kesulitan di malam hari. Jangkauan kameranya juga cukup lebar untuk menangkap selfie grup.

Aplikasi kameranya cukup bagus meskipun menghadirkan jeda tertentu saat membidik foto setelah menekan tombol shutter. Aplikasi ini cukup cepat dalam mengunci fokus gambar saat pencahayaannya cukup.

Hadir pula mode Live Bokeh yang memungkinkan pengguna mengatur kedalaman bidang, menyesuaikan tingkat efek bokeh. Selain itu, hadir pula mode Panorama, stiker AR, Beauty, Manual, serta Dual-sight.

Baterai

Seperti telah disebutkan, baterai Lithium-Ion non-removable 3060mAh yang digunakan di Nokia 5.1 Plus ini mampu bertahan seharian dalam penggunaan biasa seperti berkirim pesan, browsing lewat aplikasi medsos atau web, hingga sesekali nonton video kiriman.

Hadir pula fitur isi ulang daya secara cepat dimana baterai dapa terisi penuh dari nol hanya dalam waktu dua jam. Bahkan lewat charger Quick Charge 3.0 yang kompatibel, waktu pengisian ulang dapat dipersingkat menjadi 90 menit.

Harga

Dipasarkan dalam tiga varian warna - Night black, Glacier white, Baltic sea blue (hitam, putih, biru), harga Nokia 5.1 Plus di Indonesia dibanderol Rp 2,599,000. Namun menurut pantauan kami via Blibli, baru warna hitam yang ditawarkan pre-order untuk pencinta gadget Tanah Air yang dijadwalkan akan dikirim ke kustomer mulai tanggal 9 November 2018 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here