Sulit Gunakan Gutenberg? Ini Cara Beralih ke Editor Classic WordPress

127

Update terbaru WordPress mulai versi 5.0 menggunakan editor Guterberg. Tujuannya versi WP terbaru ini adalah untuk memodernisasi tampilan editor WordPress yang sudah dipakai sekitar lebih dari 10 tahun.

Sayangnya setelah kami coba melakukan update WordPress ke versi teranyar, 5.0, justru menimbulkan masalah baru. Selain beberapa plugin yang belum kompatibel, tampilan editor Gutenberg ternyata cukup menyulitkan.

Beberapa masalah yang kami hadapi ketika memakai editor Gutenberg diantaranya sulit memasukkan teks baru atau menghapus karakter yang sudah ada. Format untuk merapikan tulisan menjadi rata kiri atau rata kanan juga tidak bisa.

Berpangkal dari masalah yang memperlambat kinerja posting artikel di Pengentau.id, kami meencari cara supaya bisa kembali pada editor classic. Caranya mudah, hanya tambahkan Install Plugin Classic Editor.

Berikut cara mengganti tampilan Editor Gutenberg di WP 5.0.1 menjadi Classic Editor.

  1. Di Dashboard Admin WordPress, pilih menu Plugin dan klik Add New.
  2. Pada kolom Keyword, tuliskan Classic Editor. Tunggu sebentar pencarian plugin butuh waktu beberapa detik, atau download disini.
  3. Setelah terlihat plugin Classic Editor by WordPress Contributors (seperti pada gambar dibawah), pencel tombil Install Now.Cara Install Plugin Classic Editor di WordPress
  4. Silahkan coba membuat artikel baru atau edit posting yang sudah lama dan lihat apakah Editor Gutenberg sudah berganti ke editor classic.

Meski masih mengalami kesulitan, namun hadirnya Editor Gutenberg sebenarnya mempunyai tujuan yang baik. Dengan Gutenberg banyak fitur baru yang ditambahkan pihak pengembang WordPress untuk membuat blog Anda tampil sesuai keinginan.

Demikianlah cara mengganti tampilan Editor Gutenberg pada WordPress 5.0 menjadi Editor Classic. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.