Fitur Baru WhatsApp Siap Meluncur: Akun Gandeng Hingga Liburan

141

WhatsApp kemungkinan akan memperkenalkan sejumlah fitur baru dalam waktu dekat. Bahkan salah satu fitur baru tersebut kabarnya telah digulirkan dan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna.

Berikut fitur terbaru yang menurut WABetaInfo, sebuah platform yang secara khusus mendiskusikan kabar terbaru serta bocoran informasi seputar WhatsApp, akan hadir untuk meningkatkan kualitas percakapan serta notifikasi.

Silent Mode / Mode Senyap

Salah satu fitur terbaru WhatsApp yang kabarnya telah bergulir dan dapat dinikmati oleh para pengguna berbasis Android adalah Silent Mode. Lewat fitur ini, pengguna dapat menyembunyikan seluruh lencana notifikasi dari percakapan yang disenyapkan (muted chats).

Yang menggembirakan, fitur ini akan langsung aktif secara otomatis untuk setiap chat yang disenyapkan oleh pengguna Android tanpa harus melakukan pembaharuan di Google Play Store.

Vacation Mode / Mode Liburan

Fitur yang masih dalam tahap pengembangan ini pada dasarnya memungkinan pengguna untuk mengarsip percakapan yang hadir dalam obrolan yang disenyapkan. Sebelumnya, percakapan yang diarsipkan akan secara otomatis tidak lagi diarsipkan seketika setelah pesan baru diterima dari obrolan tersebut.

Dengan mengaktifkan fitur ini maka sebuah percakapan tidak akan dibuang dari arsip hingga pengguna menampilkan kembali (unmute) atau membuangnya dari arsip. Sebagai contoh, pengguna dapat menggunakan pilihan ini untuk grup yang disenyapkan hingga sepertinya obrolan di grup tersebut tertidur dalam kondisi diarsipkan sebelum pengguna melakukan tindakan lainnya.

Meski saat ini belum tersedia, fitur Vacation Mode kabarnya akan hadir di lintas sistem operasi, termasuk iOS, Android, hingga Windows Phone. Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat menuju ke WhatsApp Settings > Notifications > Vacation Mode.

Linked Accounts / Akun Gandeng

Satu lagi fitur yang kabarnya akan hadir segera adalah kemampuan untuk menggandengkan akun WhatsApp dengan layanan eksternal lainnya seperti LinkedIn. Beberapa layanan yang dapat dikaitkan adalah Instagram dan Twitter.

Menurut WABetaInfo, pilihan untuk mengaktifkan Linked Accounts akan tersedia di bagian Profile Settings. Saat ini, layanan eksternal perdana yang didukung oleh fitur ini adalah Instagram. Hal ini tidak mengejutkan mengingat WhatsApp dan Instagram sama-sama dimiliki oleh Facebook.

Hingga saat ini, fitur Linked Accounts digadang-gadang dapat berfungsi untuk memulihkan kata sandi akun pengguna serta secara otomatis membagikan pembaharuan status di Instagram, yang akan bermanfaat secara khusus dalam lingkup bisnis.

Selain ketiga fitur baru tersebut, melalui pembaharuan WhatsApp for iOS versi 2.18.100 pengguna gadget berbasis iOS 8.0 ke atas juga memperoleh sederet fitur baru diantaranya untuk memutar pesan suara secara berkelanjutan hingga tambahan pilihan balasan untuk Status. Jika dulu pengguna dapat menggunakan teks, gambar, GIF, atau video untuk status, kini pengguna juga dapat menggunakan dokumen, pesan suara, lokasi, hingga vCards (berbagi kontak).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.