Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

166

Apa yang spontan dicari seseorang ketika bagian tubuhnya terkena benda panas atau bahkan tersiram air mendidih? Bagi sebagian orang, mentega diyakini sebagai 'pertolongan pertama pada kecelakaan' saat mengalami luka bakar. Tapi... benarkah mentega ampuh untuk meredakan rasa panas di kulit?

Tidak dapat dipungkiri, cukup banyak orang yang memilih pengobatan a la rumahan saat mengalami gangguan kesehatan. Salah satu contohnya adalah menaruh irisan bawang di dalam kaos kaki semalaman diyakini dapat melawan demam. Benarkah demikian?

Namun, menurut ahli farmasi Hitesh Dodhia dari Pharmacy Outlet UK menyatakan bahwa, "Beberapa solusi kesehatan secara umum tidak memiliki bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa itu bermanfaat, banyak dari hal-hal tersebut yang relatif tidak berbahaya.

"Terlebih lagi, cukup normal bahwa efek plasebo dihubungkan dengan berbagai metode yang dapat membuat orang merasa seolah-olah kesehatannya membaik. Namun ada konsekuensi yang lebih serius saat mengandalkan pengobatan fiktif," tuturnya.

Ibu-ibu simak Tips: Wanita Menyusui Sebaiknya Konsumsi Makanan Pedas, Lho Kok Gitu?

"Menggunakan pengobatan rumahan yang belum terbukti seharusnya tidak pernah menjadi pengganti saran yang diberikan oleh seorang profesional di bidang medis, tidak juga menggunakan metode-metode ini untuk mencegah seseorang mencari bantuan pada apoteker atau dokter umum," tegasnya.

Jadi pengentau, apa saja metode pengobatan rumahan yang sesuai fakta dan mana yang hanya bersifat fiksi. Yuk simak kupasan berikut ini:

FIKSI

Berkeringat membantu menurunkan demam

Banyak orang berpendapat bahwa hal terbaik untuk menurunkan demam adalah dengan keluarnya keringat, baik lewat mandi di air panas maupun mengenakan selimut tebal sepanjang malam. Bahkan, 47 persen pasien meyakini bahwa 'terapi keringat' tersebut cukup ampuh. Bagaimana kenyataannya?

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

Menurut Hitesh, berendam di air panas membantu seseorang yang terkena demam untuk merasa lebih baik. Namun bukan berarti dapat mengusir demam lewat keluarnya keringat. Jika diperlukan, pasien dapat mengkonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan gejala demam.

Minum alkohol sebelum tidur membantu tidur lebih cepat

Sebagian orang memanfaatkan minuman beralkohol agar dapat lebih cepat tidur. Namun kenyataannya, minuman yang mengandung alkohol berdampak buruk terhadap kualitas tidur seseorang.

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

"Anda mungkin menemukan bahwa Anda tertidur lebih cepat, namun alkohol berdampak pada kualitas tidur Anda, yang dapat menghambat sejumlah keuntungan di saat seseorang lebih cepat terlelap," jelas Hitesh.

Makan banyak wortel demi memperbaiki penglihatan

Sebagian besar orang beranggapan bahwa mengkonsumsi wortel dalam jumlah yang banyak dapat membantu memperbaiki penglihatan. Sayangnya, ternyata makan wortel selalu tidak membantu penglihatan Anda.

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

Wortel kaya akan betakaroten (vitamin A) yang penting bagi penglihatan manusia. Sayuran berbentuk umbi berwarna oranye ini akan bermanfaat untuk memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Namun bagi yang tidak mengalami kekurangan vitamin tersebut, maka wortel tidak dapat membantu Anda melihat lebih jelas.

Wah, coba baca artikel Gejala Serangan Jantung Bisa Timbul Akibat 'Patah Hati'!

Air laut adalah desinfektan yang bermanfaat untuk luka

Memanfaatkan air laut untuk membersihkan luka dan goresan mungkin belum pernah Anda dengar, namun sebaiknya tidak dilakukan. Gagasannya adalah air mengandung garam dapat membersihkan luka dan membantu penyembuhannya. Namun Hitesh memperingatkan bahwa hal tersebut mengandung resiko infeksi.

"Air laut mengandung bakteri dan tidak steril, meskipun air garam murni bermanfaat seandainya itu steril," jelasnya.

Seandainya Anda belum dapat mengoleskan salep antiseptik, hal terbaik adalah membersihkan luka dengan air dan sabun. Namun antiseptik selalu disarankan, terutama untuk luka yang cukup dalam.

Olesan mentega meredakan luka bakar

Masih cari mentega saat terkena luka bakar? Sepertinya masuk akal jika benda yang dingin dan lengket dapat menimbulkan rasa nyaman di tempat terjadinya luka bakar, namun sebenarnya olesan mentega tersebut memperburuk luka bakar.

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

Olesan mentega sebenarnya memerangkap hawa panas di kulit Anda, yang membuat rasa terbakar menjadi lebih lama dan memperlambat proses pemulihan. Jadi, sebaiknya Anda tetap menyimpan mentega hanya untuk memanggang kue dan memasak.

Bawang dalam kaos kaki mengusir demam

Hmmm, hal yang cukup 'unik' ini, yakni menaruh beberapa irisan bawang dalam kaos kaki semalaman, dipercaya dapat mengusir demam. Sebenarnya tidak ada bukti bahwa tindakan tersebut memiliki keuntungan di bidang kesehatan.

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

Menurut hasil penyelidikan dari Snopes, aksi menyelipkan irisan bawang ke dalam kaos kaki tersebut terkait dengan konsep meridian di pengobatan tradisional Tiongkok yang meyakini bahwa area telapak kaki adalah gerbang ke berbagai sistem organ dalam tubuh yang memungkinkan kandungan kimiawi dalam bawang untuk masuk ke aliran darah sehingga dapat membersihkan, membunuh bakteri, dan melawan virus.

Namun disimpulkan bahwa 'tidak ada mekanisme yang cukup masuk akal untuk menjelaskan bahwa menyelipkan irisan bawang mentah ke dalam kaos kaki dapat mengurangi penyakit apapun. Satu-satunya yang akan terjadi dari aksi taruh bawang tersebut adalah membuat kaki Anda tambah 'semerbak'.

Buang air kecil meredakan nyeri akibat serangan ubur-ubur

Teori bahwa air seni dapat membantu meredakan nyeri akibat serangan ubur-ubur telah cukup lama diyakini. Namun belum ada bukti yang mendukung teori tersebut. Pilihan terbaik adalah menggunakan cuka.

Menggosokan kunyit di kulit kepala mencegah kebotakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kunyit memiliki serangkaian manfaat di bidang kesehatan. Bahkan banyak dokter mempercayai bahwa ada seorang wanita yang mampu memerangi kanker dengan memanfaatkan khasiat kunyit.

Menurut laporan dari British Medical Journal, seorang wanita bernama Dieneke Ferguson (57 tahun) didiagnosa mengalami kanker darah di tahun 2007 setelah mengeluhkan tekanan darahnya yang tinggi. Dalam waktu 15 bulan setelah dirinya didiagnosa menderita kanker, myeloma berkembang menjadi stadium tiga yang artinya penyakit tersebut mulai menyebar.

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

Setiap malam Ferguson mengkonsumsi delapan gram kunyit dalam kondisi perut kosong dan penyakit kanker-nya tetap stabil.

Meskipun terdengar bagaikan bumbu dapur yang penuh keajaiban, namun kunyit tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan rambut. Bahkan Anda lebih berpeluang mengalami gatal-gatal di kulit kepala dibandingkan mengharapkan rambut yang lebat.

FAKTA

Kumur air garam meredakan rasa nyeri di tenggorokan

Ini adalah pengobatan rumahan yang kerap digunakan masyarakat secara umum. Faktanya menurut survei terhadap 2000 pasien, Pharmacy Outlet menemukan sekitar 54 persen orang dewasa di Inggris pernah melakukannya, dan benar-benar bermanfaat.

Berkumur air garam dapat melegakan gejala dan memiliki manfaat tambahan untuk menarik lendir keluar dari tenggorokan Anda, serta dapat mengurangi resiko infeksi.

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

Caranya, aduk setengah sendok teh garam ke dalam segelas air. Gunakan cairan tersebut untuk berkumur, namun pastikan Anda memuntahkannya di bagian akhir dan tidak menelan air garam.

Minyak zaitun menyingkirkan kotoran telinga

Jika Anda bermasalah dengan telinga, mungkin Anda pernah mendengar bahwa meneteskan minyak zaitun dapat membantu menyingkirkan kotoran dalam telinga. Meskipun terdengar meragukan, namun tindakan ini sebenarnya tidak salah.

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

Menggunakan dua atau tiga tetes minyak zaitun mampu membantu Anda menyingkirkan kotoran dalam telinga.

"Penting untuk sangat berhati-hati ketika meneteskan minyak zaitun ke dalam telinga mengingat resiko infeksi, itulah mengapa saya menyarankan untuk tidak melakukan metode ini," ungkap Hitesh.

Air perasan jeruk lemon meredakan gatal akibat gigitan serangga

Pernah memanfaatkan air perasan jeruk lemon untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk? Itu bukan tindakan keliru. Air jeruk lemon merupakan cara pengobatan alami untuk membantu Anda meredakan gatal. Namun...

Fiksi Atau Fakta: Olesan Mentega Pada Luka Bakar Hingga Bawang Di Kaos Kaki Untuk Usir Demam

"Ini akan bekerja, hanya dalam waktu singkat, untuk menghilangkan rasa gatal secara asam sitrat dapat membersihkan gigitan (serangga)," kata Hitesh.

Namun rasa gatal tersebut hanya hilang dalam waktu sekejap sebelum kembali muncul. Untuk itu, olesan krem khusus mungkin menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda merasa terganggu akibat rasa gatal tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.