Perusahaan raksasa media sosial Facebook baru saja memperkenalkan versi terbaru dari aplikasi Messenger, yakni Messenger 4, pada tanggal 23 Oktober 2018. Salah satu keunggulan yang diusung oleh versi baru ini adalah kesederhanaan.

Dalam penelitian mengenai Messenger, seperti ditulis oleh VP Messenger - Stan Chudnovsky, ditemukan bahwa faktor kesederhanaan adalah prioritas utama bagi pengguna dalam memilih aplikasi berkirim pesan. "7 dari 10 (71%) orang-orang mengatakan pada kami bahwa kesederhanaan adalah prioritas utama bagi mereka dalam sebuah aplikasi berkirim pesan.

"Diantara orang-orang yang disurvey yang lebih sering mengirim pesan, 62% mengatakan bahwa berkirim pesan membuat mereka merasa lebih dekat dengan teman-temannya (2). Kami yakin Messenger 4 menghadirkan kedekatan dan keaslian yang Anda inginkan - melalui desain yang lebih sederhana dan fitur-fitur yang lebih powerful yang menempatkan fokus kembali kepada berkirim pesan dan hubungan," tulis Chudnovsky saat memperkenalkan Messenger 4 via situs MessengerNews.

Adapun beberapa fitur dan pembaharuan yang tersaji melalui Messenger 4 diantaranya adalah:

Penyederhanaan Cara Navigasi

Untuk mempermudah pengguna menavigasi aplikasi ini, Messenger 4 kini hanya menghadirkan tiga tab yang terdiri atas Chats tab, People tab, dan Discover tab.

Chats tab berisi obrolan pengguna - baik secara grup maupun pribadi. Untuk memudahkan para pengguna yang gemar berbagi gambar dan video, Messenger 4 juga menghadirkan fitur komunikasi visual lewat ikon kamera di sisi atas yang memudahkan pengguna membidik dan membagikan foto selfie.

People tab berfungsi untuk mencari teman, melihat cerita (story) banyak orang, serta mengetahui siapa saja yang sedang aktif saat ini.

Terakhir ada Discover tab yang berfungsi bagi pengguna untuk terhubung dengan berbagai bisnis untuk mendapatkan penawaran terbaru, bermain Instant Games, memesan liburan selanjutnya, mengikuti berbagai berita, dan sebagainya.

Cara Baru Personalisasi Obrolan

Dalam rangka mengekspresikan diri, para pengguna Messenger umumnya menggunakan nama julukan tertentu, emoji, hingga warna chat. Dan kini Messenger 4 menawarkan cara baru untuk mempersonalisasi obrolan pengguna lewat sedikit pembaharuan berupa gradasi warna.

Melalui fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan berbagai warna untuk mengkustomisasi gelembung obrolan dalam percakapan. Sebagai contoh, pengguna dapat melihat perubahan warna dari merah ke biru saat bergulir dari atas ke bawah dalam sebuah percakapan. Gradasi warna dapat berubah setiap saat untuk menggambarkan mood pengguna atau topik obrolan.

Peningkatan Lanjutan

Agar tidak membingungkan pengguna dengan beragam perubahan yang terjadi di Messenger 4, perusahaan berniat untuk menggulirkan beragam pembaharuan lainnya secara bertahap. Beberapa fitur baru yang akan menyusul di waktu dekat antara lain Mode Gelap (Dark Mode) dan pengaturan ulang antar muka dalam rangka mengurangi silau dari layar ponsel.

Messenger 4 akan secara bertahap digulirkan di mancanegara untuk pengguna Android dan iOS dalam beberapa minggu mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here