Bosan mengekspresikan diri lewat emoji dan animasi GIF? Kabar gembira… kini WhatsApp menghadirkan sederet stiker yang dapat digunakan untuk berkomunikasi bersama keluarga dan sahabat dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Aplikasi pesan singkat WhatsApp per tanggal 25 Oktober 2018 meluncurkan paket stiker yang diciptakan oleh para desainer-nya ditambah stiker pilihan dari berbagai seniman.

"Baik dengan sebuah cangkir teh yang tersenyum atau kesedihan hati yang retak, stiker membantu Anda membagikan perasaan dalam sebuah cara yang tidak selalu dapat Anda ekspresikan lewat kata-kata," tulis WhatsApp lewat blog miliknya.

Kreasi Stiker WhatsApp

Dalam penjelasannya, pihak WhatsApp menyatakan telah menambah dukungan untuk paket stiker pihak ketiga yang memungkinkan desainer dan developer seputar dunia stiker untuk menciptakan stiker bagi WhatsApp. "Untuk melakukannya, kami melibatkan serangkaian API dan antar muka yang memungkinkan Anda membangun aplikasi stiker yang menambahkan stiker ke WhatsApp di Android atau iOS.

"Anda dapat mempublikasikan aplikasi stiker Anda seperti aplikasi lainnya di Google Play Store atau Apple App Store, dan pengguna yang mengunduh dan menginstal aplikasi Anda akan dapat mulai mengirimkan stiker-stiker tersebut dari dalam WhtasApp," demikian penjelasan WhatsApp.

Cara Penggunaan Stiker WhatsApp

Cara penggunaan stiker WhatsApp cukup mudah, mirip dengan penggunaan emoji dan GIF. Pengguna hanya perlu menekan tombol stiker baru dan memilih stiker yang ingin dibagikan. Anda juga dapat menambahkan paket stiker baru dengan menekan ikon plus yang tersedia.

Menurut Android Police, paket stiker ini akan tampil sebagai tab ketiga bagian bawah saat Anda hendak menyisipkan emoji atau GIF. Paket stiker tersebut mungkin belum aktif saat ini, jadi kemungkinan Anda masih harus menunggu pergantian server atau menerima setidaknya satu stiker dalam percakapan untuk memicu mereka.

Untuk memperkaya kumpulan stiker, Anda dapat menekan tombol + di sisi kanan untuk menambahkan paket baru. Beberapa langsung tersedia dan dapat diunduh serta disusun di bagian My Sticker, namun ada pula link untuk mencari pilihan lainnya yang tersedia di Play Store.

Mengatur Stiker WhatsApp

Saat Anda selesai mengunduh, beberapa paket stiker akan muncul di tab stiker. Pada baris atas keyboard juga tersedia beberapa jalan pintas untuk melihat stiker-stiker yang baru saja Anda gunakan. Sementara sub-bagian yang tampil lewat ikon 'hati' dapat diperluas menjadi bagian-bagian yang mencerminkan suasana hati bahagia, sedih, serta tanda seru.

Sub-bagian ini mengatur beberapa stiker Anda sesuai dengan perasaan yang terkandung di dalamnya sehingga Anda dapat memilah dengan mudah saat tengah berkirim pesan.

Sub-bagian lainnya berbentuk ikon 'bintang' dapat digunakan untuk menyimpan stiker favorit Anda. Ketika menemukan stiker yang sesuai, Anda dapat menekan dan menambahkan ke bagian favorit sehingga mudah ditemukan saat hendak digunakan.

Saat menyukai stiker yang Anda terima dalam sebuah obrolan, Anda juga dapat menekannya dan menambahkan ke favorit atau melihat asal paket stiker tersebut dan mengunduhnya.

Sedangkan jika Anda mengirim stiker secara beruntun, maka WhatsApp akan menyusunnya berpasangan dengan jeda vertikal yang sempit.

Cara Mendapatkan Fitur Stiker WhatsApp

Pihak WhatsApp menjelaskan bahwa fitur stiker ini akan tersedia untuk Android dan iPhone dalam beberapa minggu mendatang.

Bagi pengguna Android, dapat mencicipi fitur stiker dengan memperbaharui layanan WhatsApp ke versi 2.18.329. Sedangkan untuk pengguna iOS bisa mendapatkannya di WhatsApp versi 2.18.100.

Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here