Secara umum ada tiga masalah yang seringkali dihadapi pengguna mesin cuci - bau, berisik, dan baju berbuih. Untungnya, ketiga masalah tersebut pun dapat diatasi secara sederhana, tanpa memerlukan bantuan ahlinya.

Berikut tiga cara mudah memperbaiki mesin cuci yang bau dan berisik, saduran bebas dari Cnet.

Bau Tak Menyenangkan

Kehadiran mesin cuci seyogyanya mempermudah pekerjaan pemiliknya untuk mendapatkan pakaian bersih dan wangi. Namun terkadang hasil cucian malah memiliki bau tak menyenangkan meskipun telah berulang kali dicuci.

Jangan salahkan deterjen dulu! Ada kemungkinan bau tersebut timbul karena mesin cuci Anda melalui jamur dan lumut yang mudah tumbuh di celah-celah bak mesin cuci.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara yang paling mudah adalah melakukan pembersihan menyeluruh dengan beberapa langkah berikut. Pertama, bersihkan segel di sekitar pintu mesin cuci. Usapkan tangan Anda seputar pintu tersebut untuk membuah sampah yang mungkin tertinggal, lalu bersihkan dengan kain lembab.

Kedua, bersihkan filter. Pada kebanyakan mesin cuci, akan ditemukan filter atau sejenis saringan yang berfungsi untuk menangkap sampah dari pakaian yang dicuci. Pastikan untuk mengecek buku petunjuk agar dapat membersihkannya secara tepat.

Terakhir, aktifkan mode self-clean. Tambahkan secangkir pemutih sebelum memulai proses ini.

Kok Berisik?

Sebuah mesin cuci biasanya berbunyi keras atau berisik jika posisinya tidak seimbang alias tidak stabil. Hal ini dapat terjadi karena dua hal berikut ini.

Pertama, kemungkinan posisi mesin cuci tidak kokoh. Cara memeriksanya adalah dengan mendorong salah satu ujungnya dan mengecek apakah mesin cuci tersebut dapat goyang.

Jika Anda dapat menggoyangkannya, berarti kedudukan mesin cuci tersebut harus disesuaikan kembali agar stabil.

Kedua, jika posisi mesin cuci sudah stabil namun suara berisik tidak kunjung berhenti maka kemungkinan bak mesin cucinya tidak seimbang. Hal ini bisa jadi karena terlalu banyak pakaian berkumpul di satu sisi.

Hentikan sejenak proses mencuci, atur kembali posisi cucian Anda agar terbagi rata dalam bak mesin cuci tersebut.

Buih Tak Hilang

Pernahkah Anda merasa mengenakan pakaian yang kaku seolah-olah masih mengandung busa sabun? Jangan dulu menyalahkan mesin cuci Anda.

Untuk masalah ini ada dua kemungkinan yang harus dicek.

Pertama, penggunaan deterjen yang berlebihan. Untuk menghindarinya, alangkah baiknya membaca lebih dahulu instruksi yang tertera di bungkus deterjen agar dapat menggunakannya dalam jumlah yang tepat.

Kedua, tekanan aliran air berperan penting dalam mengatasi masalah ini. Pastikan mesin cuci memperoleh jumlah air yang cukup untuk menjalankan satu proses pencucian.

Perlu diperiksa juga dicek apakah keran yang berhubungan dengan selang air dalam posisi terbuka agar air dapat mengalir lancar ke mesin cuci.

Nah… cukup mudah bukan?

Namun seandainya sederet langkah tersebut tetap tidak dapat mengatasi masalah yang Anda hadapi - hasil cucian tetap berbau atau suara berisik mesin cuci tidak dapat hilang - sebaiknya Anda meminta saran dari ahlinya. Ada kemungkinan juga sudah saatnya bagi Anda untuk mengganti mesin cuci dengan yang baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here