Cara Mudah Atasi Semut, Antara Cuka Putih Hingga Tembakau

170

PengenTau.ID - Semut seringkali menjadi hama yang menjengkelkan terutama saat musim panas tiba, ketika udara panas membuatnya lebih suka 'berteduh' di dalam rumah. Selain gigitannya yang dapat membuat iritasi, semut juga menjadi 'tamu' yang menyebalkan di dapur.

Menurut penelitian dari pakar pengendali hama, 96 persen menyatakan bahwa semut paling sering ditemukan di dapur. Gerombolan semut cenderung mengelompok di sekitar mangkuk berisi buah atau makanan manis seperti madu dan gula.

Baca juga Manfaat Miliki Ibu Pekerja Bagi Masa Depan Anak-Anak

PengenTau cara mengatasi gangguan semut yang menjengkelkan?

Baking Soda dan gula halus

Menurut WikiHow, salah satu cara memberantas semut adalah dengan menggunakan perpaduan antara baking soda dan gula halus. Gula halus merupakan makanan manis yang akan memikat semut, sementara baking soda akan membunuh semut seketika saat mereka memakannya.

"Campur baking soda dan gula halus dengan jumlah seimbang. Tempatkan sedikit di wilayah yang diperkirakan banyak semut, termasuk di titik-titik dimana semut biasanya berkumpul," saran situs tersebut.

Sebagaimana kebiasaannya, semut akan membawa 'makanan' tersebut kembali ke sarang sehingga semut-semut lainnya akan turut mengkonsumsi hingga lebih banyak semut yang dapat dibasmi.

Semut dan makanan

Cuka putih

Salah satu cara untuk mengatasi semut adalah dengan menggunakan semprotan berbahan cuka putih. Menurut situs Top 10 Home Remedies, bau cuka putih akan membuat semut pergi.

"Cuka putih akan mengusir semut dari tempat Anda. Mereka tidak dapat mengatasi bau menyengat. Sebagai tambahan, bau menyengat tersebut menutupi jejak aroma lainnya sehingga mereka kehilangan arah," saran situs tersebut.

Untuk membuatnya, campurkan cuka putih dan air dalam komposisi seimbang, lalu masukan dalam botol yang dilengkapi semprotan.

Tembakau

Tidak hanya mengusirnya dari dalam rumah, The Royal Horticultural Society (RHS) mengungkapkan bahwa Anda sebaiknya membasmi sarang semut untuk mengurangi populasi hama tersebut.

Salah satu cara yang disarankan oleh situs Gardening Know How adalah membasmi semut di taman dengan menggunakan tembakau.

"Untuk membasmi semut di pekarangan, Anda dapat merendam tembakau dengan air semalaman dan membuat teh dengan itu. Angkat tembakau basah, lalu gunakan sarung tangan untuk menyiramkan cairan tersebut di atas sarang semut dan merendam mereka. Semut-semut akan mati," kata sejumlah pakar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.