100% Berhasil! Cara Mengunci File Word Supaya Tidak Bisa di Copy (Edit)

94

File Word di aplikasi Microsoft Word yang berisikan dokumen penting bisa Anda kunci dengan cara memberi password supaya aman dan tidak bisa di Copy Paste atau di Edit sembarang orang.

Caranya sangat mudah dan bisa diterapkan untuk Microsoft Word versi 2007, 2010, 2013, 2016, 2018, 2019 dan tahun setelahnya. Silahkan ikuti panduan dibawah ini yang sudah tim Pengentau.id coba dan berhasil 100%.

Lihat juga: 7 Aplikasi Edit Video Android Dan iOS Terbaik 2018

Cara Mengunci File Word Supaya Tidak Bisa diCopy atau diEdit

Dokumen Word diberi Password

Supaya tidak bisa diotak-atik orang iseng, file MS Word penting sebaiknya diberi password. Tidak perlu install software baru di komputer untuk melakukannya. Hanya perlu ikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini.

Kami coba praktekan cara mengunci dokumen Word menggunakan software MS Word 2016.

Cara Mengunci Word Agar Tidak Berubah
  1. Buka dokumen file Word yang akan dikunci atau di protect. Setelah itu, pilih Menu REVIEW > PROTECT > RESTRICT EDITING
  2. Sistem Office MS Word akan menampilkan pilihan menu baru yakni Formatting Restrictions, Editing Restrictions, dan Start Enforcement. Anda Pilih Editing Restrictions, centang kolom kecil bertuliskan Allow only this type of editing in the document, sort panah bawah dan pilih Filling in Forms.
  3. Langkah terakhir untuk mulai mengunci file word ini adalah dengan memilih Start Enforcement. Klik kolom bertuliskan Yes, Start Enforcing Protection.
  4. Masukkan Password baru sesuai permintaan sistem MS Word. Selesai!

Sekarang Anda bisa coba mengedit atau mengcopy dokumen dengan cara klik kanan, maka sistem Word akan meminta password lebih dulu.

Cara membatalkan Protect file Word ini mudah saja, pergi ke Menu REVIEW > PROTECT > RESTRICT EDITING > STOP PROTECTION.

Isikan kembali password lama dan dokumen Anda kembali bisa diedit atau dicopy oleh semua orang yang ingin memakainya.

Apakah File Word yang sudah dikunci bisa dibuka tanpa mengetahui Password? Jawabnya Bisa banget! Cara mengatasi Word yang tidak bisa di copy akan kami jabarkan pada artikel lain.

Demikianlah artikel tentang 100% Berhasil! Cara Mengunci File Word Supaya Tidak Bisa di Copy atau diEdit. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.