6 Cara Cek Kode Imei iPhone Resmi Dengan Mudah dan Benar

289

Bagaimana cara menemukan nomor kode IMEI iPhone resmi Anda dengan cara yang mudah dan benar? Dalam posting ini tim tekno Pengentau.id akan menunjukkan kepada Anda 6 cara mudah mengecek nomor IMEI iPhone yang berjumlah 14 digit itu.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI iPhone sangat penting karena akan membedakan iPhone anda asli produksi Apple atau palsu. Panduan cara cek IMEI iPhone ini bisa digunakan untuk beberapa jenis smartphone iPhone.

Sebelum itu baca dulu artikel populer ini 7 Perbedaan iPhone XS vs iPhone XR, Mana Pilihan Terbaik?

Jenis-Jenis iPhone

  • iPhone Xs Max
  • iPhone Xs
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8 / 8 Plus
  • iPhone 7 / 7 Plus
  • iPhone 6S / 6S Plus
  • iPhone 5S / 5C / 5
  • iPhone SE
  • iPhone 4S / 4
  • iPhone 3GS / 3G

Cara Cek IMEI iPhone

Sebelum membeli iPhone baru sebaiknya anda memang mengetahui nomor IMEI yang sebenarnya tertera di dus. Bandingkan no IMEI itu dengan yang ada di Bodi iPhone sehingga ketika ada masalah Anda bisa membuka kunci (unlock) atau menghapus kunci aktivasi iCloud.

Berikut panduan lengkap cara cek IMEI iPhone yang kami kutip dari web resmi Apple ditambah pengalaman pengguna iPhone:

1. Cari Melalui Menu iPhone

Cara menemukan nomor seri, IMEI / MEID, dan ICCID iPhone ini mudah sekali karena Anda hanya perlu mengunjungi menu dalam sistem iPhone. Ikuti panduan ini, Masuk ke Setting > General > About. Jika dilakukan dengan benar maka Anda akan mendapatkan tidak hanya no IMEI tapi juga ICCID, MEID, SEID, nomor seri handset iPhone, Alamat Wifi, bahkan kode Bluetooth.

Cara cek imei iphone resmi

2. Cek Melalui Tempat Kartu SIM

Mengetahui IMEI iPhone tidaklah sulit, cara berikut Anda harus membuka fisik iPhone dan mencari tempat kartu SIM.

Tempat Kartu SIM iPhone

3. Periksa di Box

Cara lain yang tidak mungkin terlewatkan adalah cek no IMEI iPhone melalui Box atau dus. Anda akan menemukan nomor IMEI beserta dengan kode barcode dicetakan dus seperti dibawah ini.

Kode IMEI iPhone di Box

4. Cek di Bodi iPhone

Ketika unbox (mengeluarkan handset iPhone dari dalam dus), coba Anda lihat dibagian belakang bodi. Biasanya Apple menulis kode IMEI dengan jelas beserta lokasi tempat diproduksinya handset iPhone tersebut. Contoh seperti terdapat pada iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5S, iPhone SE, iPhone 6, atau iPhone 6 Plus.

6 Cara Cek Kode Imei iPhone Resmi Dengan Mudah dan Benar

5. Cek Lewat No Handphone

Salah satu cara paling mudah cek IMEI iPhone gratis adalah melalui kode no tertentu (khusus). Cara ini efektif karena sangat gampang digunakan yakni dengan membuka 'keypad' di home screen, kemudian ketikkan tanda khusus berikut: *#06#, lalu tekan tombol Call.

Tanda khusus cek no IMEI iPhone

6. Cek Via Aplikasi iTunes

iTunes memiliki fungsi lain selain sebagai library musik, Movie, photo, tv, dan aplikasi iPhone. iTunes juga sering dipakai untuk mengecek IMEI iPhone, iPad, dan iPod Touch. Caranya mudah, install software iTunes di komputer, hubungkan iPhone dan tunggu hingga Komputer dan iTunes mendeteksi iPhone Anda, kemudian pada iTunes tekan pada tombol iPhone yang akan menampilkan detil informasi iPhone Anda (Storage, Nama, ICCID, Serial, IMEI, Nomor Telepon).

Cek imei iphone 7 via itunes

Sekarang Anda sudah mengetahui cara mencek IMEI iPhone dengan mudah dan benar. Coba cek IMEI iPhone Anda sekarang dan cocokkan dengan dus tempat iPhone yang anda beli. Jika cocok berarti iPhone Anda asli bukan palsu.

7. Cek iPhone Asli atau Palsu

Ternyata masih ada satu cara lagi yang memudahkan Anda mengetahui iPhone Anda asli atau palsu berdasarkan IMEI secara online. Anda hanya perlu menuju ke website https://www.imei.info/.

Masukkan no Imei yang sudah anda dapatkan melalui pilihan enam cara diatas. Laman ini akan menyajikan informasi lengkap tentang iPhone Anda, jika data itu ternyata milik handphone lain, hampir bisa dipastikan iPhone Anda palsu. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.