7 Perbedaan iPhone XS vs iPhone XR, Mana Pilihan Terbaik?

199

Apple iPhone XS dan iPhone XR sama-sama telah diperkenalkan sejak bulan September 2018. Namun iPhone XS langsung dirilis di bulan yang sama, sementara varian iPhone XR baru dirilis resmi pada 26 Oktober 2018. Jika dibandingkan, baik iPhone XS maupun iPhone XR pastinya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Lalu, mana pilihan terbaik?

Layar: Ukuran dan Tampilan

Apple hanya menghadirkan iPhone XR dalam satu ukuran layar yang lebih besar dibandingkan iPhone X, yakni 6,1 inci. Sedangkan iPhone XS hadir dalam dua varian ukuran, yakni 5,8 inci alias sama seperti ukuran iPhone X, serta varian XS Max dengan layar 6,5 inci atau sedikit lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy Note 9.

Selain perbedaan ukuran, iPhone XS pun dibekali keunggulan dengan tampilan Super Retina OLED dengan resolusi 2436 x 1125 pixel dan 2688 x 1242 pixel (XS Max), yang sama-sama memiliki kerapatan pixel 458 ppi.

Sedangkan iPhone XR dilengkapi layar LCD 'Liquid Crystal' dengan resolusi 1792 x 828 pixel, 326 ppi. Kendati iPhone XR dibekali tampilan layar yang tergolong salah satu tampilan LCD terbaik dalam dunia smartphone, namun tetap belum dapat mendekati tampilan layar iPhone XS, terutama untuk menyimak gambar serta video HD dengan dukungan HDR.

Perbedaan kecil lainnya adalah, tampilan layar iPhone XR memiliki bingkai atau bezel yang lebih tebal dibandingkan iPhone XS.

7 Perbedaan iPhone XS vs iPhone XR, Mana Pilihan Terbaik?
Apple iPhone XR

Body: Bobot, Bahan, Dan Warna

Sebagai varian yang lebih 'mahal', iPhone XS dibekali body dengan bingkai stainless steel sementara varian XR menggunakan bingkai alumunium seri 7000. Namun secara keseluruhan, body kedua varian smartphone ini sama-sama dilapisi kaca, baik di bagian depan maupun belakang.

Dari segi bobot, iPhone XS tentu lebih ringan dibandingkan iPhone XR, 177 gram berbanding 194 gram, mengingat keduanya juga memiliki perbedaan besaran ukuran layar. Sedangkan yang paling berat adalah varian iPhone XS Max dengan bobot 208 gram.

7 Perbedaan iPhone XS vs iPhone XR, Mana Pilihan Terbaik?

Kemudian terkait pilihan warna, iPhone XR hadir dalam pilihan warna yang lebih bervariasi yakni merah, biru, kuning, hitam, putih, dan coral (perpaduan antara jingga dan merah muda). Namun bagi yang menyukai warna-warna 'mewah', nampaknya iPhone XS akan menjadi pilihan dengan varian warna gold, silver, dan hitam.

Penyimpanan: Memori dan Internal Storage

Kedua ponsel pintar terbaru dari Apple ini masing-masing menghadirkan tiga variasi kapasitas penyimpanan internal. iPhone XR menawarkan besaran 64/128/256 GB dengan RAM 3GB sementara type XS dengan varian 64/256/512 GB, RAM 4GB.

Kamera: Sistem dan Infrastruktur

Secara infrastruktur, Apple melengkapi iPhone XR dan iPhone XS nyaris dengan infrastruktur kamera yang sama baik di bagian depan maupun belakang smartphone. Perbedaannya, iPhone XR tidak dapat menghadirkan perbesaran optikal (optical zooming) - hanya perbesaran digital - karena tidak dibekali lensa telephoto kedua yang secara eksklusif ada di iPhone XS dengan sistem dual-kamera.

Mengapa optical zooming lebih unggul dibandingkan digital? Karena dengan perbesaran optikal Anda dapat memperbesar gambar tanpa kehilangan kualitasnya, sementara perbesaran digital kerapkali menghasilkan gambar yang buram dan ber-pixel.

7 Perbedaan iPhone XS vs iPhone XR, Mana Pilihan Terbaik?
Apple iPhone XS dan iPhone XS Max

Kelebihan kamera iPhone XS lainnya adalah dapat mencapai perbesaran digital hingga 10 kali (untuk foto), 6 kali digital zoom untuk video, serta 2 kali optical zoom untuk merekam apapun. Sedangkan iPhone XR hanya mampu melakukan 5 kali perbesaran digital untuk foto dan 3 kali digital zoom untuk video.

Tahan Air

Meskipun keduanya merupakan ponsel 'tahan air', namun iPhone XS memiliki tingkat ketahanan air dengan IP68, yang artinya mampu bertahan di kedalaman air hingga 2 meter dalam waktu hingga 30 menit.

Sedangkan iPhone XR dibekali tingkat ketahanan air dengan IP67 yang mengindikasikan bahwa ponsel ini mampu bertahan di kedalaman air satu meter selama hingga 30 menit.

7 Perbedaan iPhone XS vs iPhone XR, Mana Pilihan Terbaik?
iPhone XS dalam air

Baterai: Besaran dan Daya Tahan

Keduanya sama-sama dibekali baterai Lithium-Ion yang tidak dapat dicopot (non-removable) yang dapat diisi ulang lewat USB ke sistem komputer atau power adaptor serta dapat diisi ulang secara nirkabel termasuk Qi chargers. Apple iPhone XR dilengkapi baterai 2942mAh, sementara iPhone XS dengan baterai 2658mAh.

Menurut Apple, umur baterai iPhone XR dapat bertahan lebih lama 1,5 jam dibandingkan iPhone 8 Plus atau sekitar 25 jam waktu bicara di jaringan 3G. Sedangkan daya tahan baterai iPhone XS diklaim 30 menit lebih lama dibandingkan iPhone X atau sekitar 20 jam waktu bicara di jaringan 3G.

Harga

Nah... ini seringkali menjadi faktor penentu yang paling signifikan untuk memilih sebuah ponsel pintar yang tentunya wajib disesuaikan dengan budget pengguna.

Dari uraian di atas telah dapat disimpulkan bahwa iPhone XS merupakan varian yang memiliki kelas lebih tinggi dibandingkan iPhone XR. Demikian pula di sisi harga, type XS dibanderol di harga US$999 untuk varian penyimpanan 64 GB, sementara iPhone XR di harga US$749.

Di Indonesia, menurut pantauan kami di beberapa situs toko online, harga iPhone XR 64GB dibanderol seputar Rp 14.999.900. Sementara iPhone XS 64 GB dijual di kisaran harga Rp 19.499.000. Namun tentunya pencinta gadget Tanah Air masih harus bersabar untuk menantikan jadwal rilis resmi iPhone XR, iPhone XS dan XS Max di Indonesia untuk mengetahui kepastian harga jualnya.

Sedikit bocoran, menurut salah satu sumber yang tidak bersedia disebutkan identitasnya menginformasikan bahwa trio ponsel teranyar Apple tersebut akan dijual secara resmi di Indonesia pada Desember 2018. Benarkah?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.